Multimedia adalah
sebuah media dan konten yang menggunakan kombinasi bentuk konten yang berbeda.
Istilah ini dapat digunakan sebagai kata benda (sebuah media yang berisi
gabungan dari beberapa bentuk konten) atau sebagai kata sifat yang
menggambarkan media yang memiliki beberapa bentuk konten. Istilah ini berbeda
dengan media yang hanya menggunakan bentuk-bentuk tradisional dari bahan cetak
atau produksi tangan. Multimedia termasuk kombinasi bentuk konten dari teks,
audio, gambar diam, animasi, video, dan interaktivitas. Dengan kata lain,
multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks,
suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link)
sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan
berkomunikasi.
Multimedia
biasanya direkam dan diputar, ditampilkan atau diakses oleh perangkat
pengolahan informasi konten, seperti perangkat komputer dan elektronik, tetapi
juga dapat menjadi bagian dari live performance. Multimedia (sebagai kata
sifat) juga menggambarkan perangkat elektronik media yang digunakan untuk
menyimpan dan mengalami konten multimedia. Multimedia dibedakan dari campuran
media dalam seni rupa; dengan memasukkan audio, misalnya, memiliki lingkup yang
lebih luas. Istilah "rich media"(media yang kaya) adalah sinonim
untuk multimedia interaktif. Hypermedia dapat dianggap salah satu aplikasi
multimedia tertentu..
Istilah
"multimedia" dikenalkan oleh Bob Goldstein (yang kemudian menjadi
'Bobb Goldsteinn') untuk mempromosikan pembukaan pertunjukkan "LightWorks
at L'Oursin" nya pada Juli 1966 di Southampton, Long Island. Pada tanggal
10 Agustus 1966, Richard Albarino Varietas meminjam terminologi, laporan:
“Brainchild of songscribe-comic Bob (‘Washington Square’) Goldstein, the ‘Lightworks’
is the latest multi-media music-cum-visuals to debut as discothèque fare.”
(gagasan komik songscribe Bob ('Washington Square') Goldstein, 'Lightworks'
adalah multimedia musik dan visual terbaru untuk debut sebagai ongkos diskotek)
"Dua tahun kemudian, pada tahun 1968, istilah "multimedia" itu
kembali disesuaikan untuk menggambarkan karya seorang konsultan politik, David
Sawyer, suami dari Iris Sawyer-salah satu produsen Goldstein di L'Oursin.
1. Jenis jenis Konten Multimedia
multimedia
merupakan perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks,
gambar (vektor atau bitmap), grafik, sound, animasi, video, interaksi, dll.
yang telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi), digunakan untuk
menyampaikan pesan kepada publik.
Menurut
(Green & Brown, 2002: 2-6) Multimedia interaktif menggabungkan dan
mensinergikan semua media yang terdiri dari:
a.
Teks
Teks
adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa
lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe (sebagai contoh:
Time New Roman, Arial, Comic San MS), ukuran dan wana. Satuan dari ukuran suatu
teks terdiri dari length dan size. Length biasanya menyatakan banyaknya teks
dalam sebuah kata atau halaman. Size menyatakan ukuran besar atau kecil suatu
huruf. Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin. Semakin besar size suatu
huruf maka semakin tampak besar ukuran huruf tersebut.
b. Grafik
Grafik
adalah suatu medium berbasis visual. Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik.
Apabila gambar dirender dalam bentuk tiga dimensi (3D), maka tetap disajikan
melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang disajikan lewat
kertas, televisi ataupun layar monitor. Grafik bisa saja menyajikan kenyataan
(reality) atau hanya berbentuk iconic. Contoh grafik yang menyajikan kenyataan
adalah foto dan contoh grafik yang berbentuk iconic adalah kartun seperti
gambar yang biasa dipasang dipintu toilet untuk membedakan toilet laki-laki dan
perempuan.
Grafik
terdiri dari gambar diam dan gambar bergerak. Contoh dari gambar diam yaitu
foto, gambar digital, lukisan, dan poster. Gambar diam biasa diukur berdasarkan
size (sering disebut juga canvas size) dan resolusi. Contoh dari gambar
bergerak adalah animasi, video dan film. Selain bisa diukur dengan menggunakan
size dan resolusi, gambar bergerak juga memiliki durasi.
c.
Audio
Audio
atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan
menggunakan indera pendengaran. Contoh: narasi, lagu, sound effect, back
sound.
d.
Interaktivitas
Interaktivitas
bukanlah medium, interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program
multimedia. Interaktivitas mengijinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam
bentuk media atau jalur didalam suatu program multimedia sehingga program
tersebut dapat lebih berarti dan lebih memberikan kepuasan bagi pengguna.
Interaktivitas dapat disebut juga sebagai interface design atau human factor
design. Interaktivitas dapat dibagi menjadi dua macam struktur, yakni struktur
linear dan struktur non linear. Struktur linear menyediakan satu pilihan
situasi saja kepada pengguna sedangkan struktur nonlinear terdiri dari berbagai
macam pilihan kepada pengguna.
Green
& Brown (2002: 3) menjelaskan, terdapat beberapa metode yang digunakan
dalam menyajikan multimedia, yaitu:
1. Berbasis kertas (Paper-based), contoh: buku,
majalah, brosur.
2. Berbasis cahaya (Light-based), contoh: slide
shows, transparasi.
3. Berbasis suara (Audio-based), contoh: CD
Players, tape recorder, radio.
4. Berbasis gambar bergerak
(Moving-image-based), contoh: televisi, VCR (Video cassette recorder), film.
5. Berbasiskan digital (Digitally-based),
contoh: komputer.
·
Jenis-jenis Multimedia
1. Multimedia
Interaktif
Pengguna/
user dapat mengontrol secara penuh mengenai apa dan kapan elemen multimedia
akan ditampilkan atau dikirimkan. Contoh: Game, CD interaktif, apilkasi
program, virtual reality,dll
2. Multimedia
Hiperaktif
Multimedia
jenis ini mempunyai struktur dengan elemen elemen terkait yang dapat diarahkan
oleh pengguna melalui tautan(link) dengan elemen elemen multimedia yang ada.
Isitilah Richmedia juga dipakai untuk menyebut Multimedia Hiperaktif. Contoh:
world wide web, web site, mobile banking, Game on line, dll
3. Multimedia
Linear / Squential
Multimedia
Liner adalah jenis multimedia yang berjalan lurus. Multimedia jenis ini bisa
dilihat pada semua jenis film, tutorial video, dll. sedangkan Multimedia
Interaktif adalah jenis multimedia interaksi, artinya ada interaksi antara
media dengan pengguna media melalui bantuan komputer, mouse, keyboard dan
sebagainya. Multimedia linear berlangsung tanpa kontrol navigasi dari pengguna.
Penyajian multimedia liner harus berurutan atau sekuensial dari awal sampai
akhir. Contoh: Movie/film, e-book, musik, siaran TV
4. Multimedia
presentasi pembelajaran .
Multimedia
presentasi pembelajaran adalah alat bantu guru dalam proses pembelajaran
dikelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan. Contohnya Microsoft
Power Point.
5. Multimedia
pembelajaran mandiri.
Multimedia
pembelajaran mandiri adalah sofware pembalajaran yang dapat dimanfaatkan oleh
siswa secara mandiri tanpa bantuan guru. Multimedia pembelajaran mandiri harus
dapat memadukan explicit knowledge dan tacit knowledge , mengandung fitur
assemen untuk latihan,ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalah.
Contohnya Macromedia Authorware atau Adobe Flash.
6. Multimedia
kits
Multimedia
kits adalah kumpulan pengajaran ? bahan pembelajaran yang melibatkan lebih dari
satu jenis media dan diorganisir sekitar topik tunggal.
yang
termasuk diantaranya yaitu: CD-ROM,SLIDE,KASET AUDIO,GAMBAR DIAM,STUDY
CETAK,TRANSPARASI OVERHEAD tujuan:untuk presentasi dio kelas. Keunggulan :
multimedia kits membakitkan minat karena mereka multi sensorik, kits
menjadi mekanisme ideal untuk merangsang kerja kelompok proyek kecil, kitys
memiliki keunggulan yaitu dapat diangkut dan digunakan di luar
kelas(logiostik).
7. HYPERMEDIA
dokumen
berurut non terdiri dari teks,audio,informsi visual disampan dalam komputer.
contohnya
adalah dengan pembelajaran menggunakan link pada sebuah web.
8. MEDIA
INTERAKTIF
Sistem
ini merupakan sistem pengiriman pembelajaran yang direkam visual,suara,dan
bahan video disajikan di bawah kontrol komputer untuk tinjauan yang tidak tidak
hanya melihat dan mendengar gambar dan suara tetapi juga membuat tanggapan
aktif.
Keunggulan:
beberapa media.teks,audio,grafik,gambar diam,dan semua gerak gambar dapat
dikombinasikan dalam satu system yang mudah digunakan.
9. VIRTUAL
REALITAS
adalah
media yang dapat disulasiakn tempat di dunia nyata
Keunggulan:
untuk digunakan menggambarkan berbagaqi jenis aplikasi umumnya terkait dengan
mendalam,sangat visual,3D lingkungan.
Daftar Pustaka :
http://hvsuperman.blogspot.co.id/2012/09/pengertian-multimedia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar